Senin, 25 April 2016

Komunikasi Kantor


KOMUNIKASI KANTOR

A.   HAKIKAT KOMUNIKASI

1.     Pengertian Komunikasi

Komunikasi atau dikenal dengan communication dalam bahasa inggris merupakan kata yg berasal dari bahasa latin communis yg berarti ‘sama’. Komunikasi menyarankan bahwa hal sama yg dimaksud ialah suatu pikiran , makna, atau pesan yg dianut dan dipercaya . Komunikasi menurut pengertian beberapa ahli :

Ø Harold Lasswell   : Cara yg baik untuk menggambarkan komunikasi adalah dengan menjawab pertanyaan berikut ; who, says what, in which channel, to whom .

Ø Carl I.Hovland     : Komunikasi adalah proses yg memungkinkan seseorang (komunikator) menyampaikan stimulus(biasanya dalam bentuk kata-kata) untuk mengubah perilaku orang lain .

Ø Gerard R.Miller    : Komunikasi terjadi ketika suatu sumber menyampaikan suatu pesan kepada penerima dengan niat untuk mempengaruhi perilaku penerima .

Ø Stewart L.Tubbs dan Sylvia Moss : Komunikasi adalah proses pembentukan makna antara dua orang atau lebih .

Ø Prof. Dr. Alo Liliweri : Komunikasi adalah pengalihan suatu pesan dari satu sumber kepada penerima agar dapat dipahami .

Ø Everett M.Rogers      : Komunikasi adalah proses dimana suatu ide dialihkan dari sumber kepada suatu penerima atau lebih dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka .

Jadi, komunikasi dapat disimpulkan yaitu proses pengiriman dan penerimaan informasi antara dua orang atau lebih sehingga dapat dimengerti oleh kedua belah pihak .

2.     Unsur – unsur Komunikasi

a)     Komunikator

b)    Komunikan

c)     Pesan

d)    Media

e)     Feedback

3.     Fungsi Komunikasi

Ø Menurut Rudolph F. Verderber

a)     Fungsi social

b)    Pengambilan keputusan

Ø Menurut Onong Uchjana Effendi

a)     Memberikan informasi kepada masyarakat (Public Information)

b)    Mendidik Masyarakat (Public Education)

c)     Memengaruhi Masyarakat (Public Persuasion)

d)    Menghibur Masyarakat (Public Entertainment)

Ø Menurut William I.Gorden

a)     Komunikasi sosial

b)    Komunikasi ekspresif

c)     Komunikasi ritual

d)    Komunikasi instrumental

4.     Tujuan Komunikasi

Ø Menurut Dan B.Curtis

a)     Memberikan informasi

b)    Menolong orang lain

c)     Menyelesaikan masalah

d)    Mengevaluasi perilaku secara efektif

Ø Menurut Onong Uchjana Effendi

a)     Perubahan dan partisipasi social

b)    Perubahan sikap

c)     Perubahan pendapat

d)    Perubahan perilaku

5.     Jenis Komunikasi

a)     Komunikasi intrapribadi

b)    Komunikasi antarpribadi

c)     Komunikasi kelompok

d)    Komunikasi organisasi

e)     Komunikasi public

f)      Komunikasi masa

6.     Komunikasi Efektif, factor yg mempengaruhi :

a)     Kepercayaan

b)    Perhubungan  atau pertalian

c)     Kepuasan

d)    Kejelasan

e)     Kesinambungan atau konsistensi

f)      Kemampuan pihak penerima berita

g)     Saluran pengiriman berita

 

B.   TENTANG KOMUNIKASI KANTOR

1.     BENTUK-BENTUK KOMUNIKASI KANTOR

a)     Komunikasi Vertikal

b)    Komunikasi Horizontal

c)     Komunikasi Diagonal

2.     Syarat terjadinya komunikasi kantor

Ø Menurut J.C.Denyer dalam buku office management

a)     System komunikasi tertulis

b)    System komunikasi lisan

c)     System komunikasi mekanis

d)    System komunikasi panggilan staf

Ø Menurut Scott dan Mitchel

a)     Pengawas

b)    Motivasi

c)     Emosi

d)    Informasi

3.     Syarat yg harus diperhatikan agar komunikasi dapat berjalan dengan baik .

a)     Singkronisasi tujuan organisasi

b)    Singkronisasi kerja yg kondusif

c)     Penghargaan sebagai manusia

d)    Pengembangan kemampuan

e)     Bekerja pada tempatnya

f)      Pekerjaan yg menarik

g)     Pengakuan dan penghargaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar